PENGUMUMAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU SMA NEGERI 4 METRO TAHUN PELAJARAN 2024/2025

PROVINSI LAMPUNG

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 4 METRO STATUS TERAKREDITASI “A” NPSN : 10807568

Jalan Raya Stadion 24 Tejosari Metro Timur Telp./Fax. (0725) 7855589 Kode Pos 34124

E-mail : smanempatmetro@gmail.com /  Website : smanegeri4metro.sch.id

P E N G U M U M A N

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Taman Kanak Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, dan Sekolah Menengah Kejuruan; Peraturan Gubenur Lampung Nomor 09 Tahun 2024 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada SMA dan SMK serta Satuan Pendidikan Khusus di Provinsi Lampung; Keputusan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Nomor : 800/1465/V.01/DP.2/2024 Tentang Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan di Provinsi Lampung Tahun Ajaran 2024/2025; maka mekanisme Pendaftaran Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2024/2025 pada SMA NEGERI 4 METRO sebagai berikut :

A.               JALUR PENDAFTARAN

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA Negeri 4 Metro tahun pelajaran 2024/2025 dilaksanakan dengan menggunakan mekanisme dalam jaringan (daring/online) melalui 4 (empat) jalur pendaftaran yang dapat di pilih oleh calon peserta didik baru, 4 (empat) jalur pendaftaran tersebut adalah sebagai berikut :

1.     Jalur Zonasi;

Jalur zonasi ini diperuntukan bagi peserta didik yang berdomisili dilingkungan terdekat dengan satuan pendidikan yang dituju. Jalur zonasi ini mendapatkan kuota paling sedikit 50% dari daya tampung sekolah.

2.     Jalur Afirmasi

Jalur afirmasi ini diperuntukkan bagi peserta didik yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu dan peserta didik penyandang disabilitas, yang berdomisili di dalam dan di luar wilayah zonasi sekolah yang bersangkutan. Jalur afirmasi ini mendapat kuota paling sedikit 15% dari daya tampung sekolah terdiri dari 13% untuk peserta didik dari keluarga tidak mampu dan 2% untuk peserta didik penyandang disabilitas.

3.     Jalur Perpindahan tugas orang tua/wali

Jalur perpindahan tugas orang tua/wali diperuntukkan bagi peserta didik yang orang tua/walinya telah berpindah tugas/mutasi ke daerah dimana peserta didik tinggal saat ini dan peserta didik pada sekolah tempat orang tua/wali bertugas. Jalur ini mendapat kuota paling banyak 5% dari daya tampung sekolah. Dalam hal terdapat sisa kuota jalur perpindahan tugas orang tua/wali, maka sisa kuota dapat dialokasikan untuk calon peserta didik  yang  merupakan  anak  kandung dari tenaga pendidik/kependidikan pada sekolah tempat tenaga pendidik/kependidikan bertugas.

4.     Jalur Prestasi

Jalur prestasi diperuntukan bagi peserta didik yang berprestasi di bidang hasil belajar, riset dan inovasi (lomba sains, teknologi), seni budaya dan kepramukaan, olahraga, dan penghargaan prestasi di bidang lainnya. Jalur prestasi ini mendapat kuota paling banyak 30% dari daya tampung sekolah. Kuota jalur prestasi 30% tersebut dialokasikan sebagai berikut:

a.      kuota 18% dialokasikan untuk prestasi hasil belajar;

b.     kuota 12% dialokasikan untuk prestasi bidang riset dan inovasi (lomba sains, teknologi), dan atau penghargaan prestasi kompetensi lainya dengan pembagian sebagai berikut:

1)        kuota 3% dialokasikan untuk prestasi lomba riset dan inovasi (sains, teknologi);

2)        kuota   3%  dialokasikan    untuk    prestasi   lomba   seni   budaya   dan kepramukaan;

3)        kuota 3% dialokasikan untuk prestasi lomba olahraga;

4)        kuota 3% dialokasikan untuk prestasi Hafiz Qur’an;

B.                JADWAL PENYELENGGARAAN PPDB

1.        Pendaftaran Jalur Afirmasi                               : 19 – 20 Juni 024

2.        Pengumuman Jalur Afirmasi                            : 22 Juni 2024

3.        Pendaftaran Jalur Zonasi, Jalur Perpindahan

Tugas Orang Tua dan Jalur Prestasi                  : 21 s.d. 24 Juni 2024

4.        Waktu Pendaftaran                                        : Pukul 07.30 s.d 15.00 WIB

5.        Proses Seleksi real time                                    : 19 s.d. 24 Juni 2024

6.        Verifikasi Faktual Berkas                                  : 25 s.d. 28 Juni 2024

7.        Pengumuman Jalur Zonasi, Jalur Perpindahan

Tugas Orang Tua dan Prestasi                        : 29 Juni 2024

8.        Lapor Diri/Pendaftaran ulang                           : 01 s.d. 02 Juli 2024

9.        Masuk MPLS Kelas X                                       : 15 s.d. 17 Juli 2024

10.   Hari Pertama Masuk Sekolah                           : 15 Juli 2024

C.               PERSYARATAN PPDB

Kelengkapan administrasi yang harus dipenuhi oleh calon peserta didik SMA Negeri 4 Metro tahun pelajaran 2024/2025 adalah sebagai berikut :

Persyaratan Umum

a.        Telah dinyatakan lulus dan memiliki Ijazah/surat keterangan dari SMP/MTs atau dokumen lain yang menjelaskan telah menyelesaikan kelas 9 (sembilan) SMP/MTs, atau bentuk lain yang sederajat atau lanjutan dari  hasil  belajar yang diakui sama atau setara SMP atau MTs;

b.       Berusia paling tinggi 21 (dua puluh satu) tahun pada tanggal 01 Juli 2024 dibuktikan dengan Akta Kelahiran atau Surat Keterangan Lahir yang dikeluarkan oleh pihak yang berwenang;

Persyaratan Administrasi

a.        Jalur Zonasi

1)        Kartu Keluarga (KK)

a)        Kartu Keluarga diterbitkan paling singkat 1 (satu) tahun sebelum tanggal pendaftaran PPDB.

b)       Kartu Keluarga yang diterbitkan kurang dari 1 (satu) tahun karena terjadi perubahan data KK yang tidak menyebabkan perpindahan domisili, maka KK tersebut masih dapat digunakan sebagai dasar seleksi.

c)        Perubahan data pada KK yang tidak menyebabkan perpindahan domisili sebagaimana dimaksud pada angka 1) huruf b),

Ø  penambahan anggota keluarga (penambahan anggota ini selain calon peserta didik);

Ø  pengurangan   anggota  keluarga   (meninggal   dunia,    anggota keluarga pindah); atau

Ø  KK hilang atau rusak.

d)       Dalam   hal   terdapat  perubahan   data   pada   KK,   maka   harus disertakan:

Ø  KK    yang   lama   bagi   perubahan   data   (penambahan  atau pengurangan anggota keluarga) atau rusak; atau

Ø  Surat keterangan kehilangan dari kepolisian apabila KK hilang.

e)        Dalam hal perubahan KK karena perpindahan harus disertai dengan kepindahan domisili seluruh keluarga yang ada pada KK tersebut.

f)         Nama orang tua/wali calon peserta didik baru yang tercantum pada KK harus sama dengan nama orang tua/wali calon peserta didik baru sama dengan nama yang tercantum pada rapor/ijazah jenjang sebelumnya, akta kelahiran, dan/atau KK sebelumnya.

g)        Dalam hal terdapat perbedaan nama orang tua/wali calon peserta didik baru sebagaimana dimaksud pada huruf e, maka KK terakhir dapat digunakan jika orang tua/wali meninggal dunia atau bercerai sebelum tanggal penerbitan KK terakhir yang harus dibuktikan dengan surat kematian/surat perceraian yang diterbitkan instansi berwenang.

h)       Dalam rangka verifikasi kebenaran data dalam KK, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Lampung berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Propinsi Lampung sesuai kewenangannya.

2)        Pas foto berwarna ukuran 3 x 4 cm

3)        Surat pernyataan tanggung jawab mutlak  dari  orang  tua  bermaterai Rp 10.000.

b.       Jalur Afirmasi

1)        Kartu Keluarga (KK), sebagaimana yang dimaksudkan pada Jalur Zonasi;

2)        Pas foto berwarna ukuran 3 x 4 cm;

3)        Bukti keikutsertaan peserta didik jalur afirmasi dalam program penanganan keluarga tidak mampu dari pemerintah:

a)      Kartu Indonesia Pintar (KIP), dapat dilihat di situs https://pip.kemdikbud.go.id/

b)     Program Keluarga Harapan (PKH) dapat dilihat melalui situs https://dtks.kemensos.go.id/atau https://cekbansos.kemensos.go.id/

c)      Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dapat dilihat melalui situs https://dtks.kemensos.go.id/atau https://cekbansos.kemensos.go.id/

d)     Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) tidak boleh digunakan sebagai persyaratan pendaftaran jalur afirmasi.

4)        Bagi calon peserta didik penyandang disabilitas, dibuktikan dengan:

a)      surat keterangan dari dokter dan/atau dokter spesialis;

b)     surat keterangan dari psikolog; dan/atau

c)      kartu penyandang disabilitas yang dikeluarkan oleh kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang sosial

d)     Surat pernyataan tanggung jawab mutlak dari orang tua bermaterai Rp 10.000,- sebagaimana yang dimaksudkan pada Jalur Zonasi;

c.        Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali

1)        Kartu Keluarga (KK), sebagaimana yang dimaksud pada Jalur Zonasi;

2)        Pas foto berwarna ukuran 3 x 4 cm;

3)        Surat penugasan dari instansi, lembaga, kantor, atau perusahaan yang mempekerjakan paling lama 1 (satu) tahun sebelum tanggal pendaftaran PPDB dan Surat Pindah Domisili orang tua dan calon peserta didik yang diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (khusus untuk jalur perpindahan tugas orang tua);

4)        Surat Keputusan penugasan sebagai pendidik/tenaga kependidikan pada satuan pendidikan tempat bertugas (khusus pendaftar anak kandung pendidik/tenaga kependidikan, jika kuota tidak terpenuhi).

5)        Surat pernyataan tanggung jawab mutlak dari orang tua bermaterai Rp 10.000,- sebagaimana yang dimaksudkan pada Jalur Zonasi;

d.       Jalur Prestasi

1)        Kartu Keluarga (KK), sebagaimana yang dimaksud pada Jalur Zonasi.

2)        Pas foto berwarna ukuran 3 x 4 cm;

3)        Bukti prestasi hasil belajar berupa nilai rapor semester 1 sampai dengan semester 5 disertai surat keterangan peringkat paralel dari satuan pendidikan asal peserta didik (khusus pendaftar jalur prestasi hasil belajar).

4)        Bukti hasil perlombaan dan/atau penghargaan di bidang akademik maupun non-akademik pada tingkat internasional, tingkat nasional, tingkat provinsi, dan/atau tingkat kabupaten/kota yang diterbitkan paling singkat 6 (enam) bulan dan paling lama 3 (tiga) tahun sejak tanggal pendaftaran PPDB (untuk jalur prestasi bidang riset dan inovasi (lomba sains, teknologi), seni budaya dan kepramukaan, olahraga, dan penghargaan prestasi di bidang lainnya;

5)        Surat pernyataan tanggung jawab mutlak dari orang tua bermaterai Rp 10.000,- sebagaimana yang dimaksudkan pada Jalur Zonasi;

D.               ALUR PENDAFTARAN DALAM JARINGAN (DARING/ONLINE)

1.      Alur Pendaftaran Sekolah Menengah Atas (SMA)

a.      Persiapan

Calon siswa mempersiapkan syarat-syarat yang diperlukan untuk mendaftar secara online (dalam bentuk file jpg/pdf) antara lain:

1)      Ijazah/surat keterangan lulus dari SMP sederajat;

2)      Persyaratan administrasi sesuai dengan jalur pendaftaran yang dipilih;

3)      Lokasi tempat tinggal/titik kordinat tempat tinggal (dari Google Map);

b.     Pelaksanaan

1)      Jalur Zonasi

a)        Calon siswa membaca juknis PPDB melalui website sekolah  yang akan dituju atau melalui situs PPDB Online, dan melakukan proses pengajuan pendaftaran online di portal/laman PPDB online Provinsi Lampung (https://lampung.siap-ppdb.com/);

b)       Memilih jalur pendaftaran;

c)        Pengajuan pendaftaran dilakukan dengan input Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), dan melengkapi biodata siswa;

d)       Review dan sesuaikan data pada sistem;

e)        mengunggah dokumen persyaratan dengan format (.pdf/.jpeg/.png)

dan setiap dokumen ukuran maksimal 1024kb/dokumen:

Ø  Klik fitur ijasah: unggah hasil scan ijazah/hasil scan surat keterangan lulus (SKL);

Ø  Mimilih fitur menggunakan Kartu Keluarga (KK)/surat keterangan domisili (hanya bisa diklik 1 pilihan KK / surat keterangan domisili):

·      Klik KK unggah dokumen hasil scan KK (yang mengunakan KK);

·      Klik domisili unggah dokumen scan surat keterangan domisili (yang mengunakan domisili).

Ø  Klik fitur akta kelahiran unggah hasil scan akta kelahiran/hasil scan Surat Keterangan Lahir;

Ø  Klik fitur pernyataan orang tua unggah hasil scan surat pernyataan orang tua/wali murid.

f)         Memilih sekolah pilihan;

Ø  Calon peserta didik baru dapat memilih paling banyak 2 (dua) sekolah pilihan dengan ketentuan dalam  1  (satu)  zona domisili peserta didik;

Ø  Pilihan sekolah diprioritaskan pada sekolah pilihan pertama;

g)        Peserta melakukan cetak tanda bukti pengajuan pendaftaran, atau menyimpan soft file bukti pengajuan pendaftarannya;

h)       Verifikasi dokumen dan/atau verifikasi faktual peserta dilakukan panitia sekolah pilihan 1, untuk mengecek kesesuaian data antara yang disampaikan dengan data yang dilaporkan dokumennya sesuai atau tidak. Panitia memiliki kewenangan untuk menolak dokumen dengan alasan atau menerima/ memverifikasi jika sudah sesuai;

i)         Peserta dihimbau untuk mengecek setiap saat status pengajuan pendaftarannya, apakah ditolak atau terverifikasi (sudah diterima) oleh panitia sekolah.

j)          Peserta yang dokumen unggahannya ditolak dengan alasan, maka dapat melakukan klarifikasi dengan panitia;

k)        Peserta dapat melihat hasil seleksi sementara pada  menu  seleksi, dan dapat melihat pengumuman pada menu yang sama, saat jadwal pengumuman tiba;

l)         Pendaftaran online hanya dapat dilakukan 1 (satu) kali, bila calon peserta sudah terdaftar dalam sistem online, maka tidak dapat melakukan perbaikan  apapun  termasuk  melakukan  pencabutan berkas, karena akan tertolak oleh sistem aplikasi.

2)   Jalur Afirmasi

a)        Peserta Didik melakukan proses pengajuan pendaftaran online di portal/laman PPDB online Provinsi Lampung (https://lampung.siap- ppdb.com/);

b)       Memilih jalur pendaftaran;

c)        Pengajuan pendaftaran dilakukan dengan input Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), dan melengkapi biodata siswa;

d)       Review dan sesuaikan data pada sistem;

e)        mengunggah dokumen persyaratan dengan format (.pdf/.jpeg/.png)

dan setiap dokumen ukuran maksimal 1024kb/berkas:

Ø  Klik fitur ijazah unggah: hasil scan ijazah/hasil scan Surat Keterangan Lulus (SKL);

Ø  Mimilih fitur menggunakan Kartu Keluarga (KK)/surat keterangan domisili (hanya bisa diklik 1 pilihan KK/surat keterangan domisili) :

·      Klik KK unggah dokumen hasil scan KK (yang mengunakan KK);

·      Klik domisili unggah dokumen scan surat keterangan domisili (yang mengunakan domisili).

Ø  Klik fitur akta kelahiran unggah hasil scan akta kelahiran/surat keterangan lahir;

Ø  Klik fitur kartu unggah: hasil scan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)/Kartu Program Keluarga Harapan (PKH)/Kartu Indonesia Pintar (KIP);

Ø  Klik fitur pernyataan orang tua unggah hasil scan surat pernyataan orang tua/wali murid.

f)         Memilih sekolah pilihan (1 sekolah pilihan);

g)        Peserta melakukan cetak tanda bukti pengajuan pendaftaran, atau menyimpan soft file bukti pengajuan pendaftarannya;

h)       Verifikasi berkas dokumen dan/atau verifikasi faktual peserta dilakukan oleh panitia. Panitia memiliki kewenangan untuk mengecek sesesuaian data antara yang disampaikan dengan data yang dilaporkan dokumennya sesuai atau tidak. Panitia memiliki kewenangan untuk menolak dokumen dengan alasan. atau menerima/memverifikasi jika sudah sesuai;

i)         Peserta dihimbau untuk mengecek setiap saat status pengajuan pendaftarannya, apakah ditolak atau terverifikasi (sudah diterima) oleh panitia sekolah;

j)          Peserta yang dokumen unggahannya ditolak dengan alasan, maka dapat melakukan klarifikasi dengan panitia;

k)        Peserta dapat melihat hasil seleksi sementara pada  menu  seleksi, dan dapat melihat pengumuman pada menu yang sama, saat jadwal pengumuman tiba.

l)         Pendaftaran online hanya dapat dilakukan 1 (satu) kali, bila calon peserta sudah terdaftar dalam sistem online, maka tidak dapat melakukan perbaikan  apapun  termasuk  melakukan  pencabutan berkas, karena akan tertolak oleh sistem aplikasi

3)    Jalur Perpindahan Orang Tua/Wali

a)        Peserta didik melakukan proses pengajuan pendaftaran online di portal/laman         PPDB          online         Provinsi         Lampung

(https://lampung.siap-ppdb.com/);

b)       Memilih jalur pendaftaran;

c)        Pengajuan pendaftaran dilakukan dengan input Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), dan melengkapi biodata siswa;

d)       Review dan sesuaikan data pada sistem;

e)        Mengunggah dokumen persyaratan dengan format (.pdf/.jpeg/.png)

dan setiap dokumen ukuran maksimal 1024kb/berkas:

Ø  Klik fitur ijasah unggah: hasil scan ijasah/ hasil scan Surat Keterangan Lulus (SKL);

Ø  Klik hasil scan surat keterangan tempat tinggal dari instansi dilegalisir Lurah/ Kepala Desa;

Ø  Klik fitur akta kelahiran   unggah       hasil         scan         akta kelahiran/Surat Keterangan Lahir;

Ø  Klik fitur SK/surat penugasan unggah hasil scan SK/surat penugasan;

Ø  Klik fitur pernyataan orang tua unggah hasil scan surat pernyataan orang tua/wali murid.

f)       Memilih sekolah pilihan (1 sekolah pilihan);

g)      Peserta melakukan cetak tanda bukti pengajuan pendaftaran, atau menyimpan soft file bukti pengajuan pendaftarannya;

h)     Verifikasi berkas dokumen dan/atau verifikasi faktual peserta dilakukan oleh panitia, apakah dokumennya sesuai atau tidak. Panitia memiliki kewenangan untuk menolak berkas dengan alasan, atau menerima/memverifikasi jika sudah sesuai;

i)       Peserta dihimbau untuk mengecek setiap saat status pengajuan pendaftarannya, apakah ditolak atau terverifikasi (sudah diterima) oleh panitia sekolah;

j)        Peserta yang dokumen unggahannya ditolak dengan alasan, maka dapat melakukan klarifikasi dengan panitia;

k)      Peserta dapat melihat hasil seleksi sementara pada menu seleksi, dan dapat melihat pengumuman pada  menu yang sama,  saat jadwal pengumuman tiba;

l)       Pendaftaran online hanya dapat dilakukan 1 (satu) kali, bila calon peserta sudah terdaftar dalam sistem online, maka tidak dapat melakukan perbaikan apapun termasuk melakukan pencabutan berkas, karena akan tertolak oleh sistem aplikasi.

4)     Jalur Prestasi

4.1.           Prestasi Hasil Belajar

a)        Peserta Didik melakukan proses pengajuan pendaftaran online di portal/ laman PPDB online Provinsi Lampung (https://lampung.siap-ppdb.com/);

b)        Memilih jalur pendaftaran;

c)         Pengajuan pendaftaran dilakukan dengan input Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), dan melengkapi biodata siswa;

d)        Review dan sesuaikan data pada sistem;

e)        mengunggah dokumen persyaratan dengan format (.pdf/.jpeg/.png) dan setiap dokumen ukuran maksimal 1024kb/ dokumen:

Ø  Klik fitur ijazah unggah: hasil scan  ijazah/hasil  scan Surat Keterangan Lulus (SKL);

Ø  Memilih fitur menggunakan Kartu Keluarga (KK)/surat keterangan domisili (hanya bisa diklik 1 pilihan KK/surat keterangan domisili):

§  Klik KK unggah dokumen hasil scan KK (yang mengunakan KK);

§  Klik domisili unggah dokumen scan surat keterangan domisili (yang menggunakan domisili).

Ø  Klik    fitur   akta   kelahiran   unggah   hasil   scan   akta kelahiran/surat keterangan lahir;

Ø  Klik fitur rapor, unggah hasil scan surat keterangan nilai rapor;

Ø  Klik fitur pernyataan orang tua unggah hasil scan surat pernyataan orang tua/wali murid.

f)          Memilih sekolah pilihan (1 sekolah pilihan);

g)        Peserta melakukan cetak tanda bukti pengajuan pendaftaran, atau menyimpan softfile bukti pengajuan pendaftarannya;

h)        Verifikasi dokumen dan/atau verifikasi faktual peserta dilakukan panitia, apakah dokumennya sesuai atau tidak. Panitia memiliki kewenangan untuk menolak berkas dengan alasan, atau menerima/memverifikasi jika sudah sesuai.

i)          Peserta dihimbau untuk mengecek setiap saat status pengajuan pendaftarannya, apakah ditolak atau terverifikasi (sudah diterima) oleh panitia sekolah;

j)          Peserta yang dokumen unggahannya ditolak dengan alasan, maka dapat melakukan klarifikasi dengan panitia;

k)        Peserta dapat melihat hasil seleksi sementara pada menu seleksi, dan dapat melihat pengumuman pada menu yang sama, saat jadwal pengumuman tiba;

l)          Pendaftaran online hanya dapat dilakukan 1  (satu)  kali, bila calon peserta sudah terdaftar dalam sistem online, maka tidak dapat  melakukan  perbaikan  apapun  termasuk melakukan pencabutan berkas, karena akan  tertolak  oleh sistem aplikasi

4.2.           Prestasi Bidang Riset dan Inovasi (Lomba Sains, Teknologi), Seni Budaya dan Kepramukaan, Olahraga, dan atau Penghargaan Prestasi Bidang Lainnya

a)        Peserta Didik melakukan proses pengajuan pendaftaran online di portal/laman PPDB online Provinsi Lampung (https://lampung.siap-ppdb.com/);

b)        Memilih jalur pendaftaran;

c)         Pengajuan pendaftaran dilakukan dengan input Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), dan melengkapi biodata siswa;

d)        Review dan sesuaikan data pada sistem;

e)        mengunggah dokumen persyaratan dengan format (.pdf/.jpeg/.png) dan setiap dokumen ukuran maksimal 1024kb/ dokumen:

Ø  Klik fitur ijazah unggah: hasil  scan  ijazah/hasil  scan Surat Keterangan Lulus (SKL);

Ø  Memilih fitur menggunakan Kartu Keluarga (KK)/surat keterangan domisili (hanya bisa diklik 1 pilihan KK/surat keterangan domisili):

§  Klik KK unggah dokumen hasil scan KK (yang mengunakan KK);

§  Klik domisili unggah dokumen scan surat keterangan domisili (yang menggunakan Domisili).

Ø  Klik fitur akta kelahiran unggah hasil scan akta kelahiran/surat keterangan lahir;

Ø  Klik fitur sertifikat unggah hasil scan sertifikat prestasi (hasil kejuaraan tertinggi).

§  Jika mengikuti kategori prestasi akademik berupa lomba riset dan inovasi (sains, teknologi), maka klik unggah sertifikat lomba riset dan inovasi (sains, teknologi);

§  Jika mengikuti kategori seni budaya maka klik unggah sertifikat seni budaya.

§  Jika mengikuti kategori Olahraga, maka klik unggah sertifikat olahraga.

§  Jika menggunakan prestasi Hafiz Qur’an, maka klik

unggah sertifikat prestasi hafalan.

Ø  Klik fitur pernyataan orang tua unggah hasil scan surat pernyataan orang tua/wali murid.

f)          Memilih sekolah pilihan (1 sekolah pilihan);

g)        Peserta melakukan cetak tanda bukti pengajuan pendaftaran, atau menyimpan softfile bukti pengajuan pendaftarannya;

h)        Verifikasi dokumen dan/atau verifikasi faktual peserta dilakukan panitia, apakah dokumennya sesuai atau tidak. Panitia memiliki kewenangan untuk menolak berkas dengan alasan, atau menerima/memverifikasi jika sudah sesuai;

i)          Peserta dihimbau untuk mengecek setiap saat status pengajuan pendaftarannya, apakah ditolak atau terverifikasi (sudah diterima) oleh panitia sekolah;

j)          Peserta yang dokumen unggahannya ditolak dengan alasan, maka dapat melakukan klarifikasi dengan Panitia

k)        Peserta dapat melihat hasil seleksi sementara pada menu seleksi, dan dapat melihat pengumuman pada menu yang sama, saat jadwal pengumuman tiba;

l)          Pendaftaran online hanya dapat dilakukan 1 (satu) kali, bila calon peserta sudah terdaftar dalam sistem online,  maka tidak dapat melakukan perbaikan apapun termasuk melakukan pencabutan berkas, karena akan tertolak oleh sistem aplikasi.

4.3.           Apabila calon peserta didik telah mendaftar melalui jalur prestasi diluar  zonanya,  kemudian  calon  peserta  didik tersebut kembali mendaftar melalui jalur zonasi, maka yang akan diprioritaskan untuk seleksinya adalah  jalur  zonasi, secara aplikasi (otomatis) seleksi jalur prestasi peserta didik tersebut akan hilang dalam daftar seleksi jalur  prestasi (hidden), dan apabila seleksi jalur zonazinya tidak diterima, maka secara aplikasi (otomatis) seleksi melalui  jalur prestasinya akan muncul kembali jika masih memenuhi ketentuan.

E.                DAYA TAMPUNG & WILAYAH ZONASI

Daya Tampung SMA Negeri 4 Metro adalah

Ø  Jumlah Rombel : 9 Rombel

Ø  Jumlah Kuota    : 324 Peserta Didik

Wilayah Zonasi

Ø  Kec. Metro Timur, Kec. Metro Pusat, Metro Selatan, Metro Barat, Kec. Batang Hari, Kec. Pekalongan

F.                 FORMULASI SELEKSI

Skoring nilai jalur prestasi akademik dan non akademik untuk jenjang SMA sebagai berikut

1.        Skoring nilai jalur prestasi akademik, nilai rapor yang disertai dengan surat keterangan peringkat pararel nilai rapor peserta didik dari sekolah asal, dengan ketentuan :

a)      peringkat peserta didik sebesar 15% jumlah lulusan untuk sekolah            akreditasi A;

b)     peringkat peserta didik sebesar 10% jumlah lulusan untuk sekolah                     akreditasi B;

c)      peringkat peserta didik sebesar 5% jumlah lulusan untuk sekolah                              akreditasi C.

d)     skoring nilai jalur prestasi hasil belajar akan diakumulasi rata-rata nilai rapor semester 1 sampai dengan semester 5.

 No. Mata PelajaranNilai Rapor Rata-rata
Smt1Smt2Smt3Smt4Smt5
1.Pendidikan Agama*)      
2.PKn      
3.Bahasa Indonesia      
4.Matematika      
5.Bahasa Inggris      
6.Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)      
7.Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS      
Jumlah 

2.        Skoring Nilai Jalur Prestasi Non-Akademik

Skoring nilai jalur Prestasi Bidang Riset dan Inovasi (Lomba Sains, Teknologi), Seni Budaya dan Kepramukaan, Olahraga, dan atau Penghargaan Prestasi Bidang Lainnya

 No TingkatSkor PeroranganSkor Beregu
Juara 1Juara 2Juara 3Juara 1Juara 2Juara 3
BerjenjangTidak BerjenjangBerjenjangTidak BerjenjangBerjenjangTidak BerjenjangBerjenjangTidak BerjenjangBerjenjangTidak BerjenjangBerjenjangTidak Berjenjang
1Internasional24012023011522011021010520010019095
2Nasional180901708516080150751407013065
3Provinsi120601105510050904580407035
4Kabupaten/Kota60305025402030152010105
5Hafiz Al Qur’anDiberikan skor 40/Juz

3.        Seleksi jalur prestasi lomba akademik dan non-akademik berdasarkan pembobotan skor prestasi, dan terdapat skor yang sama pada peringkat terakhir, maka seleksi dilakukan berdasarkan jarak tempat tinggal terdekat ke sekolah.

B.                PENGUMUMAN HASIL SELEKSI

Pengumuman hasil seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA Negeri 4 Metro Tahun Pelajaran 2024/2025 di sampaikan melalui situs PPDB Online https://lampung.siap-ppdb.com

C.               DAFTAR ULANG

Calon siswa yang dinyatakan diterima harus melaksanakan daftar ulang secara online dengan ketentuan :

1.   Mengisi formulir daftar ulang melalui google form yang disediakan sekolah tujuan.

2.   Daftar ulang  secara  online  pada  https://lampung.siap-ppdb.com/  pada  menu

Lapor/Lapor Diri dilaksanakan pada tanggal 01 s.d 02 Juli 2024 pada pukul

07.30 s.d. 15.00 WIB.

3.   Daftar ulang dilaksanakan tanpa dipungut biaya.

4.   Setelah calon peserta didik daftar ulang secara online (Lapor Diri), calon peserta didik yang diterima juga wajib hadir di sekolah untuk melengkapi berkas daftar ulang berupa:

a.        Foto kopi ijazah/Surat Keterangan Lulus yang telah dilegalisasi sebanyak 2 (dua) lembar;

b.        Pas foto berwarna ukuran 3 x 4 cm sebanyak 2 (dua) lembar;

c.         Surat pernyataan tanggung jawab mutlak orang tua/wali (Asli) bermaterai Rp 10.000

5.   Bagi peserta didik yang dinyatakan lulus tetapi tidak mendaftar ulang sampai batas waktu yang ditetapkan (tanggal 02 Juli 2024 pukul 15.00 WIB), maka dianggap mengundurkan diri dan haknya dinyatakan gugur sebagai calon peserta didik baru.

B.       LAIN-LAIN

1.     Pelaksanaan pendaftaran dan daftar ulang peserta didik baru SMA Negeri dan SMK Negeri se-Provinsi Lampung Tahun Pelajaran 2024/2025 tidak dipungut biaya (GRATIS).

2.     Jumlah Peserta Didik Baru yang akan diterima pada masing-masing SMA Negeri dan SMK Negeri di Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung ditentukan oleh masing-masing MKKS SMA/SMK Kabupaten/Kota.

Metro, 31 Mei 2024 Kepala SMA Negeri 4 Metro

NI MADE NOVIANI, S.Pd

Pembina Tk.I / IV/b

NIP. 197611142005012007